Sunday, May 15, 2011

Parkir Blok M Square Akan Pakai Karcis Ber-barcode

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pihak Blok M sepakat adanya penggunaan satu karcis parkir saja bagi pengunjung pusat perbelanjaan Blok M Square. Karcis parkir itu nantinya akan diberi barcode sehingga mempermudah pengunjung.

"Saya mau menjelaskan, mengenai keluhan tentang dua karcis parkir di Blok M. Setelah kita bertemu dengan pihak Blok M, kita sepakat nanti hanya akan menggunakan satu karcis. Karcis itu nanti akan ada barcode-nya," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, U. Pristono.

Hal itu dikatakan dia usai menemui Gubernur Fauzi Bowo di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (26/1/2011).

Pristono menjelaskan, lebih lanjut mengenai parkir Blok M Square yang berbasis sistem infomasi teknologi  (IT) itu. Saat memasuki Blok M, pengunjung mendapatkan karcis parkir yang ber-barcode dengan cara menekan sebuah tombol di mesin parkir. Barcode karcis itu lantas ditempelkan kembali kepada mesin sehingga pintu otomatis (automatic gate) akan terbuka.

Begitu pula ketika pengunjung hendak memarkirkan kendaraannya di parkir bagian atas gedung. Bila dahulu pengunjung mendapatkan secarik karcis lagi, kini mereka tinggal menempelkan karcis yang ber-barcode itu pada mesin. Selanjutnya automatic gate pun akan terbuka.

"Begitu juga saat pulang, di barcode itu tercatat berapa jam dan biaya selama kita parkir," ucap Pristono.

Menurut Pristono, untuk memasang automatic pintu otomatis tersebut, gerbang Blok M Square perlu dibongkar. Ia memastikan seluruh sistem baru perparkiran di mal yang terletak di Jakarta Selatan itu akan selesai pada Februari bulan depan. Untuk sementara, parkir di Blok M Square tetap memakai sistem lama.

"Iya, masih berlaku, tapi ingat itu bukan dua kali bayar, tapi dua kali karcis," cetusnya.

Sebelumnya, pemberlakuan parkir ganda di Blok M Square dikeluhkan banyak pihak, termasuk pedagang. Karena harus membayar parkir dua kali, pengunjung enggan berbelanja ke Blok M Square. Akibatnya, kawasan perbelanjaan yang baru dioperasikan pada 2008 lalu sepi. Mengatasnamakan para pedagang, pengelola Blok M Square pun melayangkan protes kepada pengelola parkir.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More