Monday, May 30, 2011

Stok Obat-obatan Habis

KARANGANYAR—Dinas pertanian, tanaman pangan, perkebunan dan kehutanan (Distanbunhut) Karanganyar mulai kebingungan menyusul habisnya stok obat-obatan bagi petani di wilayahnya. Kondisi ini memaksa Pemkab Karanganyar meminta tambahan obat-obatan ke pemerintah provinsi.
“Kami sudah ajukan bantuan obat-obatan ke pemerintah provinsi, dan Jumat (27/5) kemarin, Insya Allah bantuan sudah datang,” terang Kepala Distanbunhut Siti Maesyaroch saat dihubungi wartawan, Jumat (27/5) siang. Siti menambahkan, selama ini stok obat-obatan yang ada sudah habis. Sehingga pihaknya, harus mengajukan tambahan obat-obatan lagi ke pemerintah provinsi.
Meski belum tahu berapa jumlah bantuan yang diterima, tetapi Siti meyakinkan, bantuan obat-obatan mencukupi untuk seluruh petani di Karanganyar.  Pasalnya, serangan wereng hanya terjadi di beberapa lokasi saja dan tidak menyeluruh. “Yang jelas mencukupi, karena yang terserang wereng itu hanya berapa persen saja,” terangnya.
Menurutnya tidak hanya Distanbunhut saja yang mengajukan permintaan bantuan obat-obatan, tetapi Bupati Karanganyar Rina Iriani beserta kalangan DPRD juga siap mengajukan permintaan bantuan obat-obatan ke Pemerintah Pusat. Rencananya bantuan akan diberikan kepada petani yang mengajukan permintaan bantuan. Untuk itu Siti meminta perangkat desa seperti Lurah maupun Camat setempat, agar mengajukan permintaan bantuan jika mengetahui wilayahnya diserang wereng.
“Bantuan ini cukup, tapi mungkin petani di desa tidak mengetahui di mana dan bagaimana caranya mendapatkan bantuan obat-obatan itu,” kata Siti.
Berapa pun besar bantuan, menurutnya tetap harus ada stok obat-obatan, karena serangan wereng merupakan bencana yang datangnya tidak dapat diprediksi. “Kalau ini tidak cukup, nanti kami mengajukan lagi ke pemerintah Pusat, atau menunggu anggaran perubahan,” tutur Kepala Distanbunhut.
Sementara itu, guna memutus mata rantai wereng, rencananya Distanbunhut akan melakukan gerakan menanam jagung massal di Jantiharjo. Dengan pemberian bantuan bibit jagung dari Cadangan Benih Nasional (CBN).  “Minggu depan akan dilakukan gerakan menanam jagung massal yang dipimpin langsung oleh Bupati,” tutup Siti.
Ari Purnomo

1 comments:

Saya punya Pupuk Probiotik yg bsa mngatasi hama tikus,tahan wereng dan sundep, sudah terbukti di daerah sukoharjo,utk pembuktian sudah saya sediakan demplot,jika berminat hub:089664222154

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More