Saturday, May 21, 2011

Soal Pemanggilan Nazaruddin, Priyo Manut Marzuki Laurencius Simanjuntak - detikNews

Jakarta - Badan Kehormatan dan Pimpinan DPR pekan ini akan menggelar rapat konsultasi soal pemanggilan Anggota Fraksi Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin. Jika Ketua DPR Marzuki Alie setuju pemanggilan, Wakil Ketua DPR Priyo Budi mengaku manut dengan keputusan Wakil Ketua Dewan Pembina PD itu.

"Kalau Pak Marzuki setuju (pemanggilan), kita mengangguk saja," kata Priyo saat dihubungi detikcom, Minggu (22/5/2011).

Politikus Golkar itu mengaku tidak enak hati jika ia menyetujui pemanggilan Nazaruddin, sementara Marzuki, yang politikus Demokrat menolak.

"Saya tidak enak hati, nanti saya yang disangka mendorong-dorong. Tapi kalau Pak Marzuki setuju, saya ikut," ujarnya meyakini pimpinan DPR lain juga bersikap sama sepertinya.

Sebelumnya, Wakil Ketua BK DPR, Nudirman Munir menjelaskan, pihaknya akan menggelar rapat konsultasi dengan pimpinan DPR dalam pekan ini. Rapat digelar karena rapat pleno BK tidak satu suara soal pemanggilan Nazaruddin.

Menanggapi hal ini, peneliti divisi korupsi politik ICW, Abdullah Dahlan mengatakan, rapat konsultasi untuk pemanggilan anggota Dewan yang diduga melanggar kode etik, justru mengerdilkan wewenang BK sendiri. Sebab, menurut tata beracara BK, lembaga penegak citra DPR itu tidak harus meminta persetujuan pimpinan jika ingin melakukan pemeriksaan.

"Bagaimana jika yang diduga melanggar kode etik itu pimpinan DPR sendiri?" ujar Abdullah saat dihubungi.




(lrn/lrn)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More