Wednesday, May 25, 2011

Camat Minta Warga Mau Dipindahkan

KARANGANYAR—Mengantisipasi jatuhnya korban akibat longsor, Camat Tawangmangu Yopi Jati Wibowo meminta warga yang tinggal di Guyon, Desa Tengklik, Tawangmangu agar bersedia dipindahkan ke hunian sementara (Huntara). Pasalnya, hingga saat ini masih ada sekitar 125 Kepala Keluarga (KK) yang masih tinggal di zona longsor tersebut.
“Selain sosialisasi, kami juga menekankan kepada warga agar mau untuk segera dipindahkan ke hunian sementara sebelum jatuh korban, karena bencana itu (longsor-red) juga tidak dapat diprediksi,” tuturnya, Selasa (24/5) kemarin. Yopi menambahkan, untuk lokasi yang akan dipakai untuk Huntara sudah disiapkan dari tanah desa, dengan luas lebih kurang 7.000 meter persegi.
Tetapi karena letaknya yang agak jauh dari perumahan warga, sejumlah warga masih mengaku keberatan. Warga beralasan, lokasi tersebut cukup jauh kalau mau bercocok tanam. “Jarak antara rumah warga dengan Huntara lebih kurang 3-4 kilometer. Ya kebanyakan alasannya, kalau mau bercocok tanam terlalu jauh,” terang Yopi.
Yopi sendiri mengaku belum tahu pasti berapa lama mereka akan tinggal di Huntara jika mau dipindahkan, karena masih banyak hal yang akan dibahas kemudian.
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Aji Pratama Heru Kristanto berencana mengajukan dana pemindahan warga. Untuk perbaikan infrastruktur dan pemindahan Heru akan mengajukan sebesar Rp 2,5 miliar ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). “Jumlah tersebut rencananya selain untuk pemindahan warga, juga untuk pembangunan infrastruktur, pembuatan jalur evakuasi serta pembenahan-pembenahan lainnya,” tandasnya, kemarin. 
Ari Purnomo

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More