Friday, May 27, 2011

4 Pejabat NII Ada di 4 Kecamatan

SRAGEN—Jaringan aliran Negara Islam Indonesia (NII) dilaporkan sudah menyusup ke wilayah Kabupaten Sragen. Bahkan, empat orang yang diduga berstatus pejabat di jaringan NII terdeteksi berada di empat kecamatan masing-masing di Gondang, Karangmalang, Kedawung dan Sambirejo.
Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber intelijen di Kabupaten Sragen, empat orang pengikut aliran NII itu di antaranya berpangkat Camat di struktur kepengurusan NII. Hanya saja, dengan alasan keamanan, untuk sementara identitas mereka masih disembunyikan.
Kepala Badan Kesbangpolinmas Sragen Wangsit Sukono membenarkan jika pihaknya sudah mendeteksi adanya jaringan NII di empat kecamatan tersebut. Salah satu di antaranya berpangkat camat diketahui tinggal di sebuah dusun di Kecamatan Sambirejo. Hanya saja, saat dilakukan klarifikasi, tiga di antaranya sudah menyatakan keluar dari NII.
“Memang ada empat orang yang kami deteksi terlibat jaringan NII namun sebagian menyatakan sudah tidak aktif. Bahkan yang di Sambirejo itu mengaku berkedudukan sebagai Camat tapi sekarang juga sudah keluar dari NII,” paparnya kepada Joglosemar Kamis (26/5).
Kendati mayoritas sudah tidak aktif, namun pengawasan terhadap aktivitas mereka terus dilakukan. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan masih adanya aktivitas atau gerakan yang dilakukan. Lebih lanjut, Wangsit menjelaskan selain NII, sebenarnya di wilayah Sragen barat juga pernah ditemukan aliran Amalilah dan sempat banyak mendapat pengikut. Bahkan, beberapa perangkat desa di Krikilan Kalijambe juga sempat goyah dan tergiur untuk bergabung namun setelah mendapat pencerahan akhirnya batal.
“Dulu memang sempat geger dan perangkat-perangkat desa juga pada mau ikut. Soalnya infonya kalau jadi perangkat atau camat NII akan digaji Rp 15 juta,” jelasnya. Selain memantau aktivitas gerakan aliran ekstrem, saat ini pengawasan juga diarahkan untuk memantau kemungkinan masuknya jaringan pencucian otak terhadap kalangan mahasiswa asal Sragen yang menimba ilmu di luar daerah. Wangsit menambahkan, salah satu kawasan yang sangat rentan adalah Kecamatan Gemolong dan Kalijambe.
Wardoyo

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More