Thursday, May 26, 2011

Baru 8,9% Anggaran Terserap

BOYOLALI—Serapan anggaran di beberapa Satuan Kerja (Satker) memasuki triwulan ketiga ini  masih sangat rendah. Kondisi tersebut sangat disayangkan oleh kalangan DPRD Boyolali, karena menunjukkan kinerja yang rendah.    
Ketua Komisi IV, Moh Basuni,  menyebut, bahkan tingkat serapan di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) hanya sebesar 8,9 persen. Padahal saat ini mestinya serapan anggaran sudah mencapai sekitar 50 persen.
“RSUD Pandan Arang juga di bawah 30 persen,” ungkap Basuni di sela-sela rapat kerja dengan dua Satker tersebut, Kamis (26/5).
Ironisnya menurut Basuni, dari keterangan Satker yang dipanggil, rendahnya serapan anggaran tersebut salah satunya dipicu seringnya mutasi pejabat. Bongkar pasang pejabat membuat Satker tidak fokus melaksanakan program kegiatan anggaran.
Terkait itu, pihaknya mendesak Bupati lebih serius dan tidak hanya berkutat dengan mutasi. Namun segera melakukan koordinasi serta evaluasi capaian kinerja. Sehingga paling tidak, sisa waktu tahun anggaran berjalan 2011 ini program kegiatan dapat dibagi dan dilaksanakan.
“Khawatirnya jika dibiarkan akan ada penumpukan kegiatan di akhir tahun anggaran, ironisnya lagi jika sampai tidak terlaksana,” papar dia.
Basuni meminta tidak ada lagi alasan lambatnya kinerja Satker karena pejabat masih baru akibat mutasi. Kasus itu merupakan pengulangan saat pembahasan APBD murni 2011, yang kacau karena ada mutasi besar-besaran. Pihaknya berharap, jangan sampai hal itu kembali terulang saat pembahasan APBD perubahan 2011 mendatang.
Pengawasan
Sementara menurut Sriyadi, anggota Komisi III,  serapan anggaran di Satker-Satker mitra kerjanya cukup  lancar. Dengan persentase serapan anggaran rata-rata mencapai 50 persen.
“Kecuali Distanbunhut, karena kami belum konfirmasi di rapat kerja, yang lain rata-rata sudah 50 persen,” kata Sriyadi.
Terkait program kegiatan dan serapan anggaran, menurut dia masing-masing pihak perlu melakukan pengawasan secara ketat. Sehingga apa yang sudah diprogramkan bisa terealisasi tepat waktu.
Setidaknya, hingga pertengahan tahun ini mestinya capaian kinerja sudah 50 persen. Sehingga sampai akhir tahun anggaran berjalan, seluruh kegiatan bisa berjalan maksimal tanpa ada yang tidak terealisasi.
Ario Bhawono

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More