Saturday, May 21, 2011

Yuk, Gowes di Lajur Khusus Sepeda Taman Ayodia-Blok M Lia Harahap - detikNews

Jakarta - Masyarakat Indonesia sepertinya mulai sadar dengan polusi udara tiap hari semakin menjadi-jadi. Sebagai wujud kepedulian, hampir seluruh masyarakat, khususnya di Jakarta sekarang ini, menjadikan olahraga bersepeda sebagai gaya hidup.

Bagi warga Jakarta yang gemar gowes, kini boleh berbahagia. Pasalnya, mulai hari ini, Jakarta sudah mempunyai lajur yang disediakan khusus untuk pengguna sepeda.

Lajur sepanjang 1,4 Km ini terletak di kawasan Taman Ayodia sampai ke Blok M, Jakarta Selatan. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo tak mau ketinggalan menguji track baru pagi ini, bersama ribuan pesepeda Jakarta.

"Pembangunan ini dalam rangka memfasilitasi pesepeda di DKI Jakarta maka itu perlu didukung adanya berbagai fasilitas seperti jalanan, keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran dalam berlalu lintas," ujar Fauzi Bowo yang ditemui saat pembukaan lajur sepeda di Taman Ayodia, Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (22/5/2011).

Dalam kesempatan ini, hadir pula Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendi yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Komite Sepeda Indonesia.

Fauzi mengatakan, penyediaan fasilitas lajur ini telah tertuang dalam surat keputusan Gubernur DKI Jakarta No 680 tahun 2011 tentang Penetapan Lajur Sepeda dari Jalan Mahakam (taman ayodia) sampai Jalan Prapanca. Hanya saja, untuk lajur Prapanca (Melawai-Prapanca) baru akan dikerjakan setelah pembangunan fly over Antasari-Blok M selesai.

Pria yang akrab disapa Foke ini, berjanji pembangunan lajur sepeda akan diikuti lima daerah lainnya di ibukota. Dia menambahkan, olahraga seperti ini tidak hanya membangun pola hidup sehat di Jakarta, namun juga berdampak mengurangi tingkat polusi.

"Saya sangat gembira, karena komunitas sepeda di Jakarta tumbuh dan berkembang sangat luar biasa," kata Foke yang mengenakan kaos putih saat menggowes sepedanya.

Fun bike pagi ini diikuti sedikitnya 5.000 pesepeda dari berbagai komunitas. Foke berharap komunitas ini juga menular ke provinsi-provinsi lain di seluruh Indonesia dan tidak lupa didukung dengan fasilitas yang menunjang kegiatan ini.

"Dengan adanya lajur sepeda khusus ini, saya ingin para pesepeda, aman dari kecelakaan lalu lintas. Namun tentunya itu tercapai jika bersinergi dengan pengendara lainnya," imbuh pria berkumis ini.

Dengan menjadikan olah raga bersepeda, lingkungan akan menjadi ramah, bersih dan nyaman.

"Diharapkan dengan adanya lajur sepeda di wilayah Jakarta Selatan ini bisa memotivasi masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan sehingga mengurangi pemanasan global dan menjadikan lingkungan yang bersih dan nyaman," tutup Foke.

Dalam kesempatan yang sama, Gamawan Fauzi berharap pertumbuhan sepeda di Jakarta mengalahkan pertumbuhan sepeda motor. Bahkan dia berjanji, nanti dibuka kembali lajur baru di sekitar kantornya, dia pun bersedia menggowes sepedanya.

"Kalau ada jalur baru saya adalah menteri yang akan ke kantor naik sepeda," janji Gamawan.




(lia/lrn)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More