Sunday, May 15, 2011

PNS Cuti Bersama Tapi Swasta Tetap Masuk, Apa Artinya?

Jakarta - Cuti bersama 16 Mei dilaksanakan hampir seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian di Jakarta. Nah kondisi sebaliknya terjadi di sektor swasta dan BUMN. Tengok saja aktivitas di Sudirman-Thamrin ramai aktivitas kerja. Apa artinya ini?

"Ini artinya kinerja swasta di Indonesia lebih baik dari pemerintah," kata anggota Komisi II Akbar Faizal dalam perbincangan, Senin (16/5/2011).

Dia menjelaskan dari pengumuman cuti mendadak yang dikeluarkan, Jumat (13/5) sore itu jelas terpapar buruknya kinerja pemerintah dalam hal ini birokrasi.

"Pemerintah tidak punya perencanaan dalam melakukan bekerja. Kalau mereka punya perincian, semestinya setahun sebelumnya sudah ditetapkan," jelas politisi Hanura ini.

Akbar menjelaskan, sektor swasta di Indonesia jelas memiliki perencanaan yang lebih profesional dari PNS. Azas profesionalisme dengan menghitung sumber daya pegawai menjadi landasan.

"Kalau di pemerintahan, tidak terukur kinerja birokrasi. Aparat negara tidak punya parameter, malah kita kelebihan PNS," terangnya.

Belum lagi kalau kita lihat, sekarang ini justru banyak PNS kalau pun jam kerja malah berkeliaran di mal. Sekalipun bekerja, mereka tidak jelas jenis pekerjaannya.

"Hari efektif pun PNS banyak yang tidak kerja. Pemerintah tidak punya parameter yang jelas, negara malah menjadi industri PNS," tuturnya.

(ndr/fay)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More