Tuesday, May 17, 2011

Ming Ming, Panda Tertua di Dunia Tutup Usia

Beijing - Kasihan Ming Ming. Panda tertua di dunia ini meregang nyawa di usianya yang ke-34. Panda raksasa ini mati karena faktor usia.

Seperti dilansir Channelnewsasia.com, Selasa (17/5/2011), Ming Ming diselamatkan di daerah Pingwu, Provinsi Sichuan pada tahun 1977 silam. Saat ini dia tinggal di Xinjiang Wild Animal World, sebuah taman safari yang terletak di selatan Provinsi Guangdong, sejak 1998 lalu.

Ming Ming hidup lebih lama dibanding panda pada umumnya. Panda liar normalnya hidup antara 15 sampai 22 tahun saja. Sementara Ming Ming, usianya hingga 34 tahun.

Pusat Penangkaran Panda China yang terletak di Provinsi Sichuan membenarkan perihal kematian Ming Ming. Sebenarnya, Ming Ming telah tiada sejak 7 Mei lalu, namun kabar kematian Ming Ming baru diketahui media hari ini.

Pada 2 Mei lalu, ditemukan darah di urine Ming Ming. Setelah dicek oleh tim medis, Ming Ming mengalami gagal ginjal karena sudah lanjut usia.

Panda jenis raksasa merupakan spesies langka yang paling terancam punah. Saat ini cuma ada 1.600 panda raksasa yang tinggal di alam bebas, sisanya 300 ekor tinggal di kebun binatang.

(anw/nvc)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More