Sunday, May 15, 2011

Koridor Busway Harusnya Sampai Depok, Bekasi dan Tangerang

Jakarta - Busway belum cukup efektif mengatasi kemacetan lalu lintas. Tapi sangat membantu bila Pemprov DKI Jakarta membangun koridor baru langsung dari ke Depok, Tangerang, dan Bekasi yang merupakan kawasan pemukiman warga.

Demikian kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Sutarman. Dia ditemui wartawan usai menghadiri serah terima jabatan Dirjen Lantas Polda Metro Jaya Royke Lumawa di Mapolda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Sabtu (30/10/2010).

"Busway mengapa kurang efektif karena ujungnya tidak menyatu di pemukiman warga," ujar Sutarman.

Menurut Sutarman, sumber kemacetan Jakarta justru kendaraan yang berasal dari luar Jakarta. Sementara itu, layanan busway hanya melayani warga di dalam lingkup Jakarta.

"Tapi sekarang ini koridor selatan ada di Lebak Bulus, bagi yang tinggal di Bintaro tentu jauh. Maka dia pilih naik motor daripada naik bus," terang Sutarman.

Untuk itu, Sutarman mengusulkan agar koridor busway dibuat sampai ke kota-kota satelit Jakarta. Dengan begitu, arus kendaraan dari luar kota Jakarta berkurang dan mampu menekan kemacetan.

"Kalau salah satu ujungnya koridor di Depok, Bekasi, dan Tangerang, maka orang akan berminat baik bus TransJakarta," usul Sutarman.

Sutarman juga meminta Pemprov DKI Jakarta meningkatkan pelayanan busway. Dengan demikian maka masyarakat makin antusias memilih menggunakan busway ketimbang kendaraan pribadinya.

"Untuk menyedakan tempat halte yang membuat masyarakat nyaman sehingga masyarakat minat menggunakan busway," tandasnya.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More