Sunday, May 15, 2011

Jam Operasional Truk Dibatasi, Kemacetan Lebih Cepat Terurai

Jakarta - Pembatasan operasional angkutan berat di Tol Dalam Kota pukul 05.00-22.00 WIB berdampak positif bagi pengurangan kemacetan di ibu kota Jakarta. Saat ini, kemacetan akan lebih cepat terurai dibandingkan ketika truk-truk besar diperbolehkan melintas di tol tersebut.

"Dampaknya pasti ada. Kalau misalnya terjadi kemacetan di Tol Dalam Kota, kemacetan tersebut langsung cepat terurai," kata salah satu petugas Traffic Information Center (TIC) PT Jasa Marga, Hery Rahmanto, kepada detikcom, Jumat (13/5/2011).

Menurut Hery, tidak hanya cepat terurai, ekor kemacetan yang terjadi di Tol Dalam Kota sekarang ini lebih pendek dibandingkan sebelumnya. Antrean kendaraan di pintu-pintu keluar tol juga tidak terlalu padat.

Sementara di gerbang tol, kepadatan kendaraan juga menyusut lebih cepat dibanding ketika pembatasan operasional truk itu belum diterapkan. Sebagai contoh di gerbang tol Cililitan. Bila dahulu kemacetan masih menghiasi lajur tersebut hingga pukul 11.00 WIB siang, kini satu jam sebelumnya sudah lancar.

"Sekarang sudah bagus. Area tol dalam kota lebih lancar," kata dia.

Strerilisasi truk di Tol Dalam Kota pada jam sibuk ini, lanjut Hery, tampaknya juga dipatuhi oleh para pengemudi truk. Mereka sudah mempunyai strategi untuk mengatur perjalanan. Hingga saat ini, terpantau sangat sedikit pelanggaran yang dilakukan.

"Setelah sterilisasi ini, tidak banyak pelanggaran. Dan memang tindakan apapun saat ini memang belum ada ketentuannya, misalnya dalam bentuk penilangan. Belum ada sanksi yang diberlakukan," tutur Hery.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More