Sunday, May 15, 2011

Foke Ajak Gubernur dan Walikota Asia-Eropa Tanam Mangrove

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengajak perwakilan gubernur dan walikota se Asia-Eropa menanam pohon bakau (mangrove). Hal ini perlu dilakukan sebagai wujud perhatian terhadap lingkungan.

"Bersama menanam mangrove ini sebagai manivestasi komitmen untuk
memelihara lingkungan untuk penyelamatan lingkungan  berkesinambungan
baik di Asia atau di Eropa, " kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di kawasan hutan bakau Elang Laut, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Jumat (29/10/2010).

Sejumlah tokoh yang hadir dalam acara tersebut, yakni Gubernur Bangkok, Walikota Berlin, Gubernur Brunei, Manila, Phnom Phen, Rotterdam, Vientine, Seoul dan Tokyo.

Agenda tersebut merupakan bagian dari Pertemuan Pertama Guberur-Walikota Asia-Eropa yang berlangsung sejak Kamis kemarin di Hotel Indonesia Kempinski. Agenda tersebut diharapkan menjadi pertukaran pengalaman kota-kota menghadapi perubahan global.

"Diharapkan akan menjadi awal dari proses dialog ASEM di tingkat lokal
yang diselenggarakan reguler setiap 2 tahun sekali. Dialog tersebut
akan dilakukan bergantian di Eropa dan Asia," ucap Foke saat membuka
pertemuan itu kemarin.

"Banyak kota di ASIA dan Eropa telah mengalami transformasi besar-besaran dalam 10 hingga 20 tahun terakhir ini yang diakibatkan oleh migrasi dan perubahan," tuka Foke.

Dalam acara penanaman tersebut, ke-10 peserta pertemuan terlihat antusias menanam bakau. Mereka tidak risih harus memegang bibit bakau yang telah tumbuh 1 meter lalu ditanam ke dalam lumpur.

"Pertemuan ini sangat bagus untuk saling berbagi pengalaman," ucap Nuon Someth, Gubernur Vientine, Laos.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More