Tuesday, May 17, 2011

500 Imigran Gelap Diangkut 2 Truk untuk 'Dijual' ke AS

Mexico City - Lebih dari 500 imigran gelap diangkut dalam dua buah truk dari Meksiko menuju Amerika Serikat. 513 Imigran asal Amerika Latin dan Asia ini berada dalam kondisi yang tidak manusiawi saat ditemukan.

Dilansir BBC, Rabu (18/5/2011) polisi menemukan rombongan ratusan imigran ini di negara bagian Chiapas, dekat perbatasan Meksiko dan Guatemala. Pemerintah setempat mengatakan, kasus ini merupakan kasus terbesar jual beli manusia yang dilakukan secara bersamaan.

Truk-truk tersebut dihentikan di sebuah jalan yang tinggi dekat Chiapas, Tuxtla Gutierrez. Sopir truk mencoba untuk kabur tapi polisi berhasil menangkap mereka.

Polisi mengatakan, para imigran tersebut juga terdiri dari wanita dan anak-anak. Polisi meyakini para imigran ini dijual seharga US$ 7.000 per orang untuk dibawa ke penadah di AS.

Dari para Imigran, diketahui mereka berasal dari Guatemala, Ekuador, Elsavador, dan sedikit dari mereka berasal dari China, Jepang, Nepal dan India.

"Ini adalah operasi terbesar imigran ilegal yang diperlakukan secara tidak manusiawi," kata juru bicara kepolisian kepada AFP.

Sedikitnya setengah juta imigran gelap mencoba untuk memasuki kawasan Meksiko untuk selanjutnya menuju Amerika Serikat. Human Right Group menyebutkan, imigran gelap ini dikoordinasi oleh geng kriminal yang mengeksploitasi mereka.

(anw/nvc)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More